how to defend yourself into 21st century society

    assalamualaikum, haiii guys balik lagi nih kita, gimana gak nyangka banget yah sekarang 2020 udah mau berakhir aja nih, gak kerasa banget yah, udah berapa tahun kita hidup di dunia ini, ngalamin susah duka nya masalah kehidupan , tapi kalian sadar juga gak sih kalian itu hebat lhoo, kenapa??? Karna kalian mampu bertahan sejauh ini, bayangin kalau umur kalian sekarang 17 tahun, udah berapa masalah tuh yang kalian bisa atasi, nah berhubung kita lagi ngomongin umur sama tahun nih, kira kira cita cita kalian itu apa sih guys??? Dokter?? Arsitek?? Atau yang lainnya gitu?? Nah kalian masih inget gak sih dulu pas kita lewat jalan tol, masih suka ada penjaga tol yang jaga disitu buat kita bayar tol , tapi sekarang??? Sekarang kita tinggal menggunakan kartu lalu kita bisa jalan lewatin tol kan guys, gak nyangka yah jaman udah berubah banget, mesin sama robot udah hampir menguasai seluruh kegiatan industri kita loh, malah sekarang juga udah ada mobil yang bisa jalan tanpa disetir,  nah pasti banyak anak muda yang punya pikiran "kalau semua udah canggih trus saya harus kerja apaa?" heyy jangan pernah  takut akan kegagalan, kita punya otak, apakah robot punya??? Robot juga yang mendesain adalah otak manusia ??Jadi kenapa kalian takut sama robot dan mesin mesin canggih lainnya yang diciptakan dengan akal manusia,  so guys yang harus kalian lakukan adalah menggali kemampuan kalian, kalian cari tau dimana nih kelebihan yang kalian miliki, nah di berbagai situs juga sudah dijelaskan kita mampu bertahan di abad 21 ini dengan 4c apa itu 4c ????



Yang pertama itu ada critical thinking atau berfikir kritis yaitu berfikir rasional dan keyakinan sendiri.

Yang kedua ada collaborating atau kolaborasi yaitu kerja sama berupa bertukar ide dan pengetahuan .

Yang ketiga ada communication atau komunikasi seperti motivasi, dan sebagainya .

Yang terakhir ada creativity atau kreativitas yaitu kemampuan otak kita untuk menggali kemampuan yang kita miliki atau bakat kita 

Nah untuk pengalaman pribadi saya sendiri nih, apakah saya sudah menerapkan 4c dalam kehidupan saya ??? Ya sedikit demi sedikit saya sudah mencoba nya dari berfikir kritis, sudah saya coba ketika saya harus membuat kesimpulan dan keputusan , disitu otak saya berkerja untuk berfikir rasional dan sesuai keyakinan saya sendiri.  untuk kolaborasi dari segi kerja kelompok di sekolah yang disitu saya dan teman teman menggabungkan beberapa ide dan kemudian dijadikan menjadi satu kesimpulan, itu merupakan kolaborasi yang ditandai dengan adanya berbagi ide.kalau untuk komunikasi dengan berinteraksi dan mendengarkan motivasi dan instruksi dari guru, teman, motivator dan sebagainya.dan untuk kreativitas sedikit demi sedikit saya sudah mencoba menggali bakat dan kemampuan saya, seperti membuat blog ini. dan vlog. Dan saya yakin semua orang itu mampu untuk mempunyai 4c itu jadi gali terus kemampuan kalian, untuk harapan saya untuk kemampuan dimasa depan yaitu saya berharap semoga semakin banyak ilmu yang bisa saya pelajari dan saya dapatkan, dengan begitu secara tidak sadar 4c itu terus terasah di dalam diri kita, dari kita ikut organisasi secara tidak sadar kita sudah mengasah kemampuan 4c kita di kolaborasi, komunikasi, kreatifitas,dan berfikir kritis kan. Dengan saya mengerjakan tugas seperti ini juga sudah mengasah kemampuan saya, jadi semua itu ada jalan nya guys, so mulai sekarang gausah takut akan kegagalan, tapi takutlah ketika kalian gak bisa belajar dari kegagalan, ada satu kata dari saya yaitu bagaimana kita bisa tau rasa keberhasilan kalau kita belum mencicipi rasa kegagalan, masakan yang lezat bisa tercipta ketika kita bisa tau kekurangan rasa yang terdapat di masakan itu sebelumnya. So terus semangat kejar cita cita kalian dan jangan mau dikalahkan dengan robot dan mesin mesin canggih yang sebenernya dihasilkan dari akal manusia. Jadi ayo kita bertahan di abad sekarang, esok dan seterusnya.

Komentar

  1. GO JEYA GO JEYA GOOOO!! unch kamu dabest nakk, bangga deh akuhhh bermanfaat sekali masyaallah👏

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BERMAIN SAMBIL BELAJAR

Artificial hearts

PENGALAMAN BELAJAR